Nasi Gurih Ayam Dengan Ikan Panggang Kuning Dan Bakwan Jagung

Lagi bosen banget sama nasi ayam yang versi Hainanese Chicken Rice. Walaupun enak dan serumah pada doyan banget, tapi yang masak lagi blenger makan Hainanse Chicken Rice. Tau kan blenger artinya apaan? Itu bahasa Jawa artinya eneg, gak selera makan, bosen, dan sejenisnya ……..

Tapi punya persediaan ayam di kulkas dan lagi bingung masak apaan. Untungnya nemu resep nasi gurih ayam di resep sedap (ini beneran deh, sajian sedap tuh bisa jadi referensi banget kalo lagi pengen coba-coba masakan baru, tinggal dimodifikasi sedikit sesuai selera, biasanya sih hasilnya selalu memuaskan kok.).

Di resepnya sih harusnya nasinya dimakan sama ayam dan campuran sayur kayak wortel, buncis, dan jagung yang dimasak bareng nasinya. Cuma berhubung saya paling gak suka masukin sayur di kukusan nasi karena takut bonyok, makanya saya cuma pakai ayamnya saja. Terus pas diliat-liat kayaknya ayamnya kok jadinya cuma sedikit banget ya, akhirnya liat di kulkas masih ada ikan dan jagung, ya udah ditambahin aja makannya pake ikan bumbu kuning dan perkedel jagung. Udah lama banget gak bikin perkedel jagung sebetulnya karena males pas ngupas dan mipil jagungnya dapur jadi berantakan. Akhirnya biar gampang beresinnya, gelar koran di lantai dapur buat ngupas, mipil, dan numbuk jagungnya. Habis selesai koran tinggal digulung bersama sampahnya dan buang ke tempat sampah. Praktis banget kan……..

Hasilnya enak banget ternyata, karena nasinya gurih banget. Waktu dimasak aja udah wangi banget. Rasanya mirip banget sama nasi uduk cuma versi lebih sehatnya karena gak pake santan. Di rumah semua pada doyan dan bilang nasinya enak. Oya, ini juga pertama kalinya si bocah akhirnya doyan bakwan jagung lho. Dulu-dulu waktu kecil gak doyan, eh sekarang pas dicobain mau dan jadi ketagihan, hihihi……..

Oya, teknik masak nasinya tuh kayak jaman dulu waktu belum ada rice cooker, nasi diaron dan dikukus. Waktu masak nasinya jadi inget masa-masa kecil dulu waktu sering diminta bantuin masak nasi di rumah. Tekniknya juga harus pas supaya nasinya enak. Untung di sini punya sendok kayu besar buat ngaduk nasinya supaya gak gosong. Kalau pakai sendok biasa panas dipegangnya, lagian jauh lebih mantep ngaduk nasinya pakai sendok kayu yang besar.

Porsi nasinya di sini memang jadinya banyak banget dan bisa buat kami bertiga makan sampai 2 kali plus buat sarapan pagi juga. Kalau mau dikurangi berasnya, air yang buat masak berasnya tinggal dikurangi aja. Kalau mau praktis juga bisa nasi dan air kaldunya cemplungin aja ke magic jar dan tinggal pencet tombol magic jar sampai nasi matang. Tapi menurut saya rasanya tetep jauh lebih enak kalau nasinya diaron dan dikukus dulu. Repot sih memang, tapi lebih sip.

Nasi Gurih Ayam

Bahan:

  1. 1/2 bagian ayam kampung, potong kecil kira-kira menjadi 8-10 bagian
  2. 2 sdm bawang merah yang sudah dihaluskan
  3. 2 sdm bawang putih yang sudah dihaluskan
  4. 1 sdt bubuk ketumbar
  5. 5 daun jeruk
  6. 5 daun bawang, potong kira-kira 3 cm
  7. 5 seledri, potong kira-kira 3 cm
  8. 2 ruas jahe, potong tipis
  9. 1 sdt gula
  10. 1 sdt garam
  11. 1.2 L air
  12. 450 cc/ml beras putih, cuci bersih

Cara membuat

  1. Masukkan bahan 1 – 12 di panci dan masak di api sedang sampai mendidih
  2. Kecilkan api, masukkan potongan ayam dan masak selama kira-kira 1 jam sampai mendidih dan ayam empuk (panci jangan ditutup). Air akan berkurang kira-kira 1/3 nya
  3. Matikan api, tutup panci selama 1 jam agar bumbu dan kaldu ayam meresap
  4. Setelah 1 jam, pisahkan ayam dan suwir-suwir menjadi potongan kecil
  5. Saring kuah ayam
  6. Masak ayam dan kuahnya di api sedang hingga mendidih
  7. Masukkan beras, aduk-aduk terus dengan sendok kayu supaya bagian bawahnya tidak gosong
  8. Masak sampai air terserap habis oleh beras
  9. Matikan api, diamkan 15 menit sampai beras agak dingin
  10. Panaskan dandang / kukusan / steamer sampai air mendidih
  11. Kukus beras sampai masak, kira-kira 20-30 menit
  12. Sajikan panas dengan pelengkapnya
Aduk nasi supaya bawahnya tidak gosong
Aduk nasi supaya bawahnya tidak gosong
Nasi siap dikukus
Nasi siap dikukus setelah agak dingin

 

Ikan Panggang Kuning

Bahan:

  1. 2 potong ikan tengiri yang sudah dipotong seperti untuk steak (tersedia siap pakai di supermarket)
  2. 1 sdm minyak goreng
  3. 1 sdm bawang merah yang sudah dihaluskan
  4. 1 sdm bawang putih yang sudah dihaluskan
  5. 1 sdt kemiri yang sudah dihaluskan
  6. 1/2 sdt ketumbar bubuk
  7. 1/2 sdt kunyit bubuk
  8. 1/2 sdt gula
  9. 1 sdt garam

Cara membuat:

  1. Campur bumbu no 2-9 di piring dan aduk hingga rata
  2. Campur ikan dengan bumbu hingga rata dan diamkan di kulkas selama 1 jam
  3. Keluarkan dari kulkas minimal 15 menit sebelum dipanggang (usahakan memanggang ikan tidak dalam keadaan dingin)
  4. Panggang di api kecil hingga matang

Bakwan Jagung

Bahan

  1. 4 bakwan jagung, pipil dan tumbuk kasar
  2. 2 sdm bawang merah yang sudah dihaluskan
  3. 2 sdm bawang putih yang sudah dihaluskan
  4. 1 sdm kemiri yang sudah dihaluskan
  5. 2 sdt ketumbar bubuk
  6. 1 sdt kunyit bubuk
  7. 1 sdt garam
  8. 1 sdt gula
  9. 1 sdt kencur yang sudah dihaluskan (optional, tapi saya suka pakai kencur supaya wangi adonannya)
  10. 2 sdm tepung beras
  11. 4 sdm tepung terigu
  12. 2 telur, kocok
  13. 180 ml air

Cara membuat

  1. Campur adonan no 2-13 hingga rata
  2. Campur jagung ke dalam adonan no.1
  3. Goreng di minyak banyak hingga kecoklatan

Sajikan nasi gurih bersama dengan ikan panggang, bakwan jagung, dan sambal cobek atau sambal terasi.

Nasi gurih ayam dengan ikan panggang dan bakwan jagung
Nasi gurih ayam dengan ikan panggang dan bakwan jagung
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s