Ayam Kentang Bumbu Teriyaki

Karena anakku tersayang ini masih sakit dan susah nelen dan susah makan, katanya kayak ada batunya di lehernya, jadinya belum mau makan nasi. Ya udah dikasih kentang aja deh kalau gitu. Karena gak punya daging sapi di kulkas, dan salah satu masakan kentang yang enak dan berbumbu adalah dibikin teriyaki, makanya ditambahin daging ayam aja. Karena masih minum obat dan mulutnya masih pahit, maka mamanya masak teriyaki yang sausnya gurih ini supaya selera makannya naik. Soalnya selama sakit makannya susah, tapi ya diturutin aja deh. Dimasakin misoa cuma mau 2 sendok, dikasih susu cuma mau sedikit, dikasih puding muntah. Tapi tetep setiap jam sekali dikasih makan/susu, walaupun yang masuk cuma sedikit aja.

Ini dia resepnya:

Bikinnya gampang banget karena cuma butuh 3 bumbu ini: kikkoman soy sauce, saori saos teriyaki, dan pala bubuk.

1. Potong daging ayam tipis-tipis dan bumbui dengan kikkoman soy sauce, saori saos teriyaki yang banyak, dan pala bubuk sedikit saja. Karena akan ditambahi kentang, makanya bumbunya dibanyakin supaya enak

Tiga macam bumbu, untuk daging segini aku pakai 6 sendok makan kikkoman

2. Rendam ayam dalam larutan bumbu tadi kira-kira 2 sampai 4  jam di kulkas

3. Potong bawang bombay panjang-panjang

4. Potong kentang kotak-kotak

Cara memasak:

1. Tumis bawang bombay dengan minyak sedikit hingga harum dan berubah warna

2. Masukkan rendaman ayam dan bumbu, aduk-aduk sampai berubah warna, kira-kira 3 menit sampai berubah warna

3. Tambahkan air dan masukkan kentang

4. Masak dengan api kecil agar ayam empuk dan bumbu meresap di kentang dan air tinggal sedikit. Kalau gua, karena Rafael suka kuah, ditambahin air banyak supaya kuahnya banyak

5. Jika kentang sudah empuk, angkat dan sajikan

Ayam dan bumbu gua rendam 4 jam, jadinya ayamnya berasa gurih banget dan berbumbu. Kuahnya dipisah khusus buat Rafael

Untungnya waktu dimasakin ini si bocah mau makan. Kentangnya habis cuma disisain sedikit aja. Mau makan nasi sama daging ayam yang memang empuk juga. Tapi ya gitu deh, selama sakit makannya disuapin dan harus sambil dibujuk-bujuk pake ipad atau TV. Soalnya kalau makan sendiri sebentar bilang eneg, sakit, gak bisa nelen, dsb-nya. Tapi kalau sambil dibujukin ya mau juga makan, sambil mamanya cerita2 juga. Untunglah setelah sehat kebiasaan ini gak berlanjut. Mamanya tetep strict dengan ipad 45 menit dan TV 30 menit sehari, untung anaknya nurut.

Tinggal ditambahin bayam tumis bawang putih, saos tiram, kecap ikan, jadi deh menu dinner mama papanya malam itu. Nyam nyam……
Advertisements

2 thoughts on “Ayam Kentang Bumbu Teriyaki

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s